Development of Problem Solving E-Modules to Improve Critical Thinking Skills and Learning Outcomes on Human Body Organ System Material

Authors

  • ITA TRISNA PRASETYANINGRUM University of Jember
  • Pramudya Dwi Aristya University of Jember
  • Bevo Wahono University of Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/bioedu.v23i3.53745

Keywords:

Critical Thinking, E-Modules, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to develop a valid, practical, and effective problem-solving-based e-module on the material of the human body organ system. This study uses the Research and Development (R&D) method with the 4D model. The problem-solving-based e-module shows high validity of 91.4%. The developed e-module gets an average percentage of 87.5% with a very practical category in the small class trial and 88.6% in the large class and is declared practical. The e-module developed in the small class gets a learning outcome test and critical thinking skills with an average n-gain score of 0.76 and 0.77 with a high category. In the large class, it gets a learning outcome test and critical thinking skills with an average n-gain score of 0.75 and 0.78 with a high category. Very good criteria are also obtained in filling out the student response questionnaire by producing an average percentage of 87% in the small class and an average percentage of 86% in the large class. Thus, the problem-solving-based e-module on the material of the human body organ system is considered feasible to be used in the learning process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adan, S. I. A. (2023). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2).

Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul gerak refleks berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Agustina, R. D., & Yuwaningsih, D. A. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Problem Solving Pokok Bahasan Matriks. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 6(1), 22-46.

Agustini, S. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Solving Pada pembelajaran Fisika (Doctoral dissertation, UNIVERSITAN NEGERI MAKASSAR).

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Anas, N. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. NIZHAMIYAH, 7(2).

Aprilian, D. (2024). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA kelas IV A SD negeri panaikang II.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanta, R. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran E-Modul Terhadap Hasil Belajar IPS di SMPN 1 Kebumen. Social Studies, 9(1).

Berasa, S., & Desnita, D. (2023). Pembuatan model e-modul problem solving berbasis android pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI sma. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 9(1), 48-57.

Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas e-modul project based learning berintegrasi stem terhadap kreativitas siswa smk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15.

Dewi, T. T., Arthur, R., & Murtinugraha, R. E. (2023, September). Manfaat dan tantangan pengembangan e-modul pada pendidikan kejuruan: sebuah kajian literatur. In Prosiding Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil (SPKTS) (Vol. 1).

Djonomiarjo,T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Facione, P.A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In Insight assessment: Vol. XXVIII (Issue 1).

Febrianti, R. R., & Ferazona, S. (2024). Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Sma Negeri 11 Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1746-1754.

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61-68.

Fitrisyahni, S., & Ningsih, A. G. (2023). Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 53 Kuranji Kota Padang. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori dan Hasil Penelitian), 6(1), 1-7.

Haeriyah, H., & Pujiastuti, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbantuan Aplikasi Anyflip Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-10.

Hake, R. (2002). Lessons from the physics education reform effort. Conservation Ecology, 5(2).

Ilham, R. M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Negeri 007 Cipaganti Bandung (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Komariyatin, P., & Dimas, A. (2022). Studi Literatur Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menengah Pertama. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(1), 87-94.

Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139-1146.

Mardianis, M. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal Pajar, 1(1), 11-18.

Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-muzijah

Muchlisin, M., Wicaksono, V. D., & Handayani, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SD Negeri Besah II Bojonegoro. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10051–10059. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1570

Muham, R. P. B. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Kelas V SD Negeri 068005 Medan Tuntungan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).

Mulyasa, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nengsih, E. A., Amir, H., & Handayani, D. (2023). Pengembangan E-modul kimia berbasis introduction, connect, apply, reflect, extend (Icare) pada materi reaksi redoks. ALOTROP, 7(2), 119-132.

Ningrum, D. S., Ratnaningsih, A., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Solving dan Karakter Kelas V Peristiwa dalam Kehidupan di SD Negeri Kliwonan. Journal On Teacher Education, 4(2), 265-280.

Novianti, M. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.DOI 10.15294/JPE.V6I1.14511

Nurfajriani, N., & Chairani, R. (2023). Implementasi E-Modul Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Ikatan Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 23-31.

Nurunnazlah, F., Masfuah, S., & Kuryanto, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SDN Demaan dengan Menggunakan Permainan Mokshapat. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1430-1443.

Nurwanti, T., Suryandari, S., & Desiningrum, N. (2024). Pengaruh Media Youtube Terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Indonesia. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2(3), 296-311.

OECD. 2022. PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. OECD Report

Panggabean, F. T. M., & Purba, J. (2021). Pengembangan E-Modul Terintegrasi Media Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 3(2), 116-122.

Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas e-modul sistem pencernaan berbasis problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 5(1), 36-47.

Prabasari, J. S., & Wahyuningsih, D. (2021). Pengembangan elektronik modul berbasis problem based learning pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 312-319.

Pradnyana, P. B., & Rahayu, N. W. P. (2023). Implementasi Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI SD No 3 Belok Tahun 2022. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 55-58.

Pratama, Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan E-Modul Mesin-Mesin Listrik Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 113-116.

Purwaningsih, S., Azizahwati, A., & Sahal, M. (2023). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving Berbantuan Virtual Lab Phet Pada Materi Gerak Parabola. QUANTUM, 14(1).

Putra, P. D. A., & Sudarti, S. (2015). REAL LIFE VIDEO EVALUATION DENGAN SISTEM ELEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITS MAHASISWA FISIKA.

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan e-modul fisika berbasis multiple reprsentation untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17-24.

Ramdayani, R., Sumantri, M. S., & Hasanah, U. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Dilemma-STEAM Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 123-138.

Repelitawati, S. W. (2022). Penerapan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Sekolah Dasar. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 32-38.

Rismaini, L., & Devita, D. (2022). Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1511-1516.

Rizqa, N. K. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V Di UPT SDN 1 Keputran Sukoharjo Pringsewu Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan e-modul berbantu kodular pada smarthphone untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 954-969.

Rohani, P., & Septiana, Y. D. (2021). Model Pembelajaran Problem Solving. Al Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 8-19.

Saputra, F., Prastowo, S. B., & Wahono, B. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Berdasarkan Perbedaan Level Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 105-112.

Sari, P. K., & Sutihat, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(3), 509-526.

Sari, T. W., & Lubis, A. (2024). Pengembangan E-Modul Model Creative Problem Solving Berbasis Soal Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(1), 130-141.

Septiana, G. A. N., & Thohiri, R. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Flip Builder Berbasis Problem Solving Mata Kuliah Perpajakan Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(2), 119-130.

Septiani, Y.(2019). Penerapan Media Cuplikan Film Berbantuan Pindai Kode Qr dalam Pembelajaran Teks Biografi. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 2(9), 2549-2594. DOI: https://doi.org/10.23969/literasi.v9i2.2004

Setiawan, D. (2020). Pembelajaran EDP-Problem Solving Project untuk Melatih Siswa Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 537-556.

Sholikhah, A. N. Y., & Arif, S. (2024). Pengembangan Modul Berbasis STEM 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 4(1), 127-140.

Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius.

Simatupang, H. (2023). Pengembangan e-modul Berbasis Creative Problem Solving Pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII. Jurnal Pendidkan.

Sodik, J., Mawaddah, A. H., & Sutarja, M. C. (2024). Self-Efficacy: Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa Pesisir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 7(1), 8-15.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research Dan Development. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2294-2304. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1192

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889-898. DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.482

Wahono, R. H. J., Supeno, S., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331–8340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3743

Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah, H. (2020). Efektifitas E-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science, 6(2), 180-189.

Wawo, Y. H. K. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X SMAN 01 Marau Kabupaten Ketapang (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18-27.

Widyaningrum, R. A., Subekti, E. E., & Sumiyatun, S. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Berbantu Ice Breaking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Peterongan Semarang. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 8(1), 83-91.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.

Yovita, Y., Vebrianto, R., Janna, R. D., & Radeswandri, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 7(1), 139-146.

Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan model Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).

Downloads

Published

10/26/2025